Eross

     Sound Gitar Eross Candra (Gitar, Pedal, dan Amplifier) 

 Sebelumnya saya telah posting review guitar signature nya eross. Karena Eross adalah salah satu gitaris kesukaan saya maka saya tidak akan ada habisnya untuk mengulasnya hehehe, suara gitarnya itu lho yang jarang dimainin sama gitaris yang bergenre sama, Keren abissss TOP, semoga betah membaca ya. Siapa tak kenal Eross Candra, gitaris asal Jogjakarta yg tergabung dalam grup band Sheila on 7 yang telah memiliki 8 album dengan banyak lagu hits. Gitaris dan pencipta lagu yang lahir di kota pelajar 3 Juli 1979 ini merupakan salah satu gitaris yang "concern" dan konsisten terhadap gitar dan sound yg dihasilkannya. Sejak album pertamanya yang bertajuk "Sheila on 7" rilis, suara gitar Eross yg cenderung bright dan overdrive mewarnai musik Indonesia.


     Dalam setiap aksi nya, overdrive sound selalu menjadi pilihan utamanya. Ampli gitar pun selalu dalam posisi drive. Tak ketinggalan tubescreamer pedal favorit Eross yang di gunakan untuk memboost agar mendapatkan sustain yg lebih panjang saat lead gitar. "Posisi kob drive arah jam 10, tone jam 1 dan level jam 3 !", tegas nya saat ditanya mengenai setting pada tubescreamernya. Sedangkan untuk mendapatkan sound clean ia mematikan tubescreamer dan menutup separuh volume di gitar nya.

  • Pemilihan untuk Rekaman

      Dalam pemilihan gitar untuk rekaman, Eross sangat selektif memilih gitar apa yang cocok untuk irama dan lagu yang direkamnya. Untuk isian rhytm, Eross banyak menggunakan gitar akustik. Gitar akustik andalannya saat ini ialah Gibson Western Country yang merupakan Sheryl Crow signature series. Pada sesi gitar elektrik untuk lagu2 upbeat Eross lebih memilih memakai  Les Paul Custom 1972 miliknya untuk menghasilkan suara gitar yg responsif. Seperti yang terdengar pada lagu Sahabat Sejati (album Kisah Klasik Untuk Masa Depan), Seberapa Pantas (07 Des), dan Radio (507). Sedangkan untuk lagu yang medium beat, gitaris yang juga pencipta lagu "Bendera" ini memilih gitar Fender untuk lebih mendapatkan karakter bright dan crunch dalam tiap petikan khas nya. Masih. Dengan gitar vintage, ia menggunakan Fender Telecaster 1967 dan Stratocaster 1971 seperti yang terdengar di lagu Kita(album Sheila on 7), Dan (Sheila on7), Bertahan Disana (Jalan Terus-The Best of), Betapa (Menentukan Arah), di Hari Bersamanya (Berlayar). Eross juga menggunakan gitar bariton Fender Bajo Sexto pada lead gitar lagu Pasti Kubisa (Berlayar).

  • Pemilihan untuk Manggung

     Dalam setiap panggungnya Eross lebih sering menggunakan Fender Telecaster reissue 52 "Sephia" andalannya dengan pertimbangan keringanan dan body balance nya. Berita baik bagi para fans Eross Candra yang ingin memiliki sound khas nya, pada bulan November 2012 ini Eross yang saat ini merupakan Artist Endorser dari gitar merk Squire akan melaunching produk terbaru dari gitar Squire yaitu "Squire Telecaster Eross Candra Series".

Demikian ulasan singkat Sound Gitar Eross chandra (Gitar, Pedal, dan Amplifier) dari penulis semoga bermanfaat.

Sumber : Kamarmusik.net

Post a Comment

 
Top